Saturday, September 3, 2016

Apa sih Defrag itu ? dan manfaatnya bagi Hard disk


Harddisk atau yang biasa disebut HDD adalah komponen komputer yang sangat berguna bagi penyimpanan data seseorang. HDD termasuk komponen yang sangat VITAL bagi seseorang, tanpa komponen ini, komputer tidak akan berjalan karena tidak ada data windows. tapi sekarang sebagian orang sedang beralih ke penyimpanan yang lebih efisien yaitu SSD (Solid State Drive)
Namun, ada satu kekurangan pada Harddisk yaitu mudahnya badsector.


Salah satu Badsector adalah karena keteledoran sang user komputer yaitu sering mematikan komputer dari tombol shutdown, nah kira" seperti itulah penyebab Harddisk badsector. untuk mengantasipasi hal tersebut diperlukannya defrag HDD untuk merapikan data - data yang berserakan/tidak rapi.

Lalu apa itu Defrag mas ?
Pengertian Defrag


Defrag adalah sebuah proses untuk menangani berkas - berkas yang mengalami fragmentasi, atau secara mudah defrag adalah proses untuk merapikan file file yang kurng rapi. agan pasti pernah menyalin file, menghapus file, menginstal / menguninstall file, memindahkan direktori. itu semua berpengaruh pada fragmentasi harddisk agan.

Tapi, jika sobat terlalu banyak defrag juga tidak baik untuk HDD. dianalogikan saja seperti agan sedang mencari pakaian(data data) di lemari (harddisk) dan agan tidak menemukan pakaian yang dicari malahan pakaian yang agan cari ada di bawah tempat tidur, dengan begitu komputer akan mencari dan memproes data dengan lambat karena dibutuhkan waktu untuk mencari file - file tersebut. makanya dibutuhkannya Defrag untuk merapikan data - data ke tempat semula.

Cara Mendefrag Harddisk

nah, jika agan udah ngerti sama pengertian diatas, tidak ada salahnya agan untuk mencoba defrag pada Harddisk sendiri.


  1. Pertama, agan harus buka Windows Explorer / Win + E.
  2. Kedua, Agan Klik Local disk C lalu Klik Properties.
  3. Ketiga, Agan buka Tab Tool lalu pilih "Optimize and defragment Drive", Lalu klik Optimize.
  4. Dan terbukalah tab optimize drive, saya sarankan untuk mengklik analyze dulu untuk mengetahui seberapa parah data datanya berserakan.
  5. Setelah itu agan klik pilihan optimize deh. 
saya sarankan agan untuk melakukan defrag setiap 2 - 3 minggu sekali untuk mengurangi resiko masalah pada sistem yang lambat merespon suatu perintah.

nb: seberapa lama proses defrag itu terjadi tergantung tingkat keparahan data - datanya berserakan.

Apakah ada file yang hilang mas, ketika melakukan defrag Harddisk ?
 seperti pengertian diatas, defrag hanya memindahkan data data yang berserakan ke tempat semula. Tetapi kemungkinan Media Penyimpanan agan bisa saja bertambah. eits tenang dulu, hal ini wajar saja karena dengan melakukan defrag file file yang berserakan hanya kembali ketempat semula, proses ini Tidak menambah ataupun mengurangi file.


dengan  adanya informasi diatas, semoga agan lebih bisa untuk merawat Harddisk dan untuk mengurangi resiko kerusakan akibat masalah yang tidak seberapa ini.  

3 komentar

Ane juga cukup rutin sie ngecek kondisi hhd ane pake defragment, yg jd masalah kl hdd 1TB trus penuh isinya. Bakal lama defragnya

wah, saya butuh defrag nih... laptopane mulai lemot -_-

Info menarik gan, saya coba dulu untuk defrag HDD saya..

Dilarang untuk spam
Komentar sesuai topik diatas
EmoticonEmoticon